cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru
ISSN : 26215713     EISSN : 26215705     DOI : -
Core Subject : Education,
As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru Undiksha. The journal welcomes original empirical investigation. The papers may represent a variety of theoretical perspectives and different methodological approaches. They may refer to any age level, from infants to adults and to a diversity of learning and instructional settings, from laboratory experiments to field studies. The major criteria in review and the selection process concerns the significance of the contribution to the area of learning and instruction. Instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational, technology, and educational development at Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru Undiksha.
Arjuna Subject : -
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 1 (2018): Mei 2018" : 12 Documents clear
PENERAPAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V ayu ratnadewi
Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru Vol. 1 No. 1 (2018): Mei 2018
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jippg.v1i1.14210

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS melalui penerapan discovery learning berbantuan media visual siswa kelas VB SDN 1 Banjar Jawa tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IVB SDN 1 Banjar Jawa sebanyak 38 orang, yang terdiri dari 23 siswa perempuan dan 15 siswa laki – laki. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode tes. Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis kuantitatif, sedangkan teknik analisis data pada penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan persentase rerata hasil belajar IPS sebesar 4,08% dari 82,36% berada pada kategori tinggi pada siklus I menjadi 86,44% berada pada kategori tinggi pada siklus II. Selanjutnya peningkatan kuantitas siswa yang mendapat nilai minimal 85 mencapai 31,57% dari 19 siswa atau 50% pada siklus I menjadi 31 siswa atau 81,57% pada siklus II. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model discovery learning berbantuan media visual dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas VB SDN 1 Banjar Jawa tahun ajaran 2017/2018.Kata kunci:  discovery learning, hasil belajar IPS, media visualThis research aims to increase social study learning outcomes through discovery learning assisted visual media on VB grade students of SDN 1 Banjar Jawa in academic year 2017/2018. This study used a classroom action research which conducted in two cycles. Each cycle consists of four phases: planning, implementation, observation, and reflection. The subject was VB grade students in SDN 1 Banjar Jawa that included 38 students which consist of 23 female and 15 male. Data collection was done by test method. Social study learning outcomes data were analyzed using quantitative descriptive analysis. The result showed there was an enhancement in the mean percentage of result social study by 4,08% from 82,36% as high predicate on the first cycle became 86,44% as high predicate on the second cycle. Further, improvement quantity of students who received a minimum score of 85 reached 31,575% from 19 students or 50% in the first cycle became 31 students or 81,57% in second cycle. Based on the results of data analysis can be concluded that through the application of visual media -aided discovery learning is proven to improve learning outcomes VB social study graders of SDN 1 Banjar Jawa in academic year 2017/2018.Keywords: discovery learning, social study learning outcome, visual media
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN MEDIA AUDIO-VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS Ni Kadek Dwi Agustini
Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru Vol. 1 No. 1 (2018): Mei 2018
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jippg.v1i1.14211

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS melalui penerapan model pembelajaran kontekstual berbantuan media audio-visual pada siswa kelas IVB semester genap di SD Negeri 3 Banjar Jawa tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IVB SD Negeri 3 Banjar Jawa yang berjumlah 31 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode tes. Data yang terkumpul dianalisis dengan analisis statistik deskriptif dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh rata-rata hasil belajar IPS pada siklus I yaitu 74,35 dengan kategori sedang dan pada siklus II meningkat menjadi 86,13 dengan kategori tinggi. Peningkatan yang terjadi jika dihitung menggunakan rumus Gn skor yaitu sebesar 0,46 yang jika dikonversikan pada tabel kriteria peningkatan hasil belajar berada pada kategori sedang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kontekstual berbantuan media audio-visual dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IVB SD Negeri 3 Banjar Jawa tahun pelajaran 2017/2018.Kata kunci: kontekstual, audio-visual, hasil belajar IPSThis study aims to improving the learning outcomes of IPS through the implementation of contextual learning model assisted audio-visual media based on fourth grade students on second semester of SD Negeri 3 Banjar Jawa in the academic year 2017/2018. This research is a classroom action research conducted in two cycles. Each cycle consists of four phases: planning, implementation, observation, and reflection. The subjects were fourth grade students of SD Negeri 3 Banjar Jawa as many as 31 students consisting of 13 male and 18 female students. Data were collected through a test. The collected data were analyzed by descriptive statistical analysis and quantitative descriptive analysis. The results showed that the average learning outcomes of IPS in first cycle is 74.35 with the medium category and on the second cycle the learning outcomes of IPS increased to 86.13 with high category. Increases that occur when calculated using the Gn score formula that is equal to 0.46 which if converted on the table of increased learning outcome criteria are in the medium category. So that it can be concluded that the implementation of contextual learning model assisted audio-visual media can improve the learning outcomes of IPS fourth grade students in SD Negeri 3 Banjar Jawa in the academic year 2017/2018.Keywords: contextual, audio-visual, learning outcomes of IPS
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Berbantuan Media Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa kelas VB Semester II Tahun Pelajaran 2017/2018 di SDN 1 Banjar Jawa A.A. Istri Dianika Perama Dewi
Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru Vol. 1 No. 1 (2018): Mei 2018
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jippg.v1i1.14217

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui penerapan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay  berbantuan media visual. Penelitian ini dilakukan di kelas VB SDN 1 Banjar Jawa yang terdiri dari 15 orang siswa laki-laki dan 23 orang siswa perempuan. Penelitian tindakan kelas ini terdiri atas dua siklus dan setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi atau evaluasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes. Tes yang digunakan untuk mengumpulkan data hasil belajar IPA adalah tes objektif pilihan ganda yang berjumlah 20 butir. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis deskriptif kuantitatif.  Data hasil penelitian menunjukan peningkatan hasil tes kompetensi pengetahuan muatan IPA pada pra siklus, siswa yang mencapai nilai ≥80 mancapai 3% dari 38 siswa, sedangkan pada siklus I meningkat  sebesar 77,87% menjadi 80,87% dari 38 siswa, dan diakhir siklus II meningkat sebesar 1,55% menjadi 82,42% dari 38 siswa, Peningkatan hasil belajar kompetensi pengetahuan dari prasiklus sampai siklus II yaitu sebesar 0,50 (79,42%) atau berada pada kategori sedang Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay berbantuan media visual dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VB semester II tahun pelajaran 2017/ 2018 di SDN 1 Banjar Jawa.
PENERAPAN PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA Ni Kadek Tariani
Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru Vol. 1 No. 1 (2018): Mei 2018
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jippg.v1i1.14219

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar IPS setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) berbantuan media audio visual pada siswa kelas V SD Negeri 1 Banjar Jawa Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dan pada setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Setiap siklus dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan yang terdiri dari 2 kali pertemuan untuk membelajarkan materi, 1 kali pertemuan untuk melaksanakan evaluasi. Subjek penelitian yaitu siswa kelas V SD Negeri 1 Banjar Jawa Tahun Pelajaran 2017/2018 sebanyak 39 orang yaitu 19 orang putra dan 20 orang putri. Objek penelitian ini yaitu hasil belajar IPS. Observer dalam penelitian ini yaitu guru kelas V dan rekan mahasiswa PPL SD Negeri 1 Banjar Jawa. Metode pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan metode tes dan nontes. Metode tes digunakan untuk penilaian pengetahuan, sedangkan metode nontes digunakan untuk penilaian sikap dan keterampilan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu lembar soal obyektif, lembar observasi penilaian sikap, dan lembar observasi penilaian keterampilan siswa. Data yang telah berhasil dikumpulkan, dianalisis menggunakan metode analisis statistik deskriptif dan analisis deskriptif kuantitatif. Persentase hasil belajar pada siklus I sebesar 73%, sedangkan pada siklus II sebesar 87%, dan terjadi peningkatan sebesar 0,51. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SD Negeri 1 Banjar Jawa, Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali tahun pelajaran 2017/2018. Kata kunci:  Group Investigation (GI), Media Audio Visual, Hasil Belajar IPS  AbstractThis study aims to determine the social sciences outcomes after applied cooperative learning model type Group Investigation (GI) assisted audio visual media at grade V SD Negeri 1 Banjar Jawa in Academic Year 2017/2018. This research was a type of classroom action research conducted in two cycles and each cycle consists of 4 stages: planning, action, observation/evaluation, and reflection. Each cycle was held in 3 meetings consisting of 2 meetings to implement learning, 1 meeting to evaluation. The subjects of the study were the students of grade V of SD Negeri 1 Banjar Jawa in Academic Year 2017/2018 of 39 persons, 19 men and 20 women. The object of this study was the result of learning social sciences. Observer in this research were teacher of fifth grade and fellow student practice at SD Negeri 1 Banjar Jawa. Data collection method in this research was used test and nontes method. The test method was used for the assessment of knowledge, while the nontes method was used for attitude and skill assessment. The instrument of data collection used in this research was objective sheet, attitude evaluation observation sheet, and student skill assessment observation sheet. The data have been collected, analyzed using descriptive statistical analysis method and quantitative descriptive analysis. Percentage of learning outcomes in cycle I is 73%, while in cycle II is 87%, and an increase in learning outcomes of 0.51. Based on the result, it can be concluded that the application of cooperative learning model of group investigation (GI) type can improve social sciences learning outcomes in fifth grade students of SD Negeri 1 Banjar Jawa, Buleleng District, Buleleng Regency, Bali Province in Academic Year 2017/2018. Keywords:        Group Investigation (GI), Audio Visual Media, Social Sciences Learning Outcomes
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) BERBANTUAN MEDIA VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 3 BANJAR JAWA I Made Wiranata
Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru Vol. 1 No. 1 (2018): Mei 2018
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jippg.v1i1.14224

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation berbantuan media visual di kelas VB SDN 3 Banjar Jawa. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus tindakan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VB SDN 3 Banjar Jawa Tahun ajaran 2017/2018, sebanyak 32 orang siswa. Pengumpulan data hasil belajar matematika dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode tes berbentuk esai. Selanjutnya data tersebut dianalisis dengan teknik deskriptif-kualitatif dan deskriptif-kuantitatif. Data hasil penelitian menunjukan pada siklus I persentase hasil belajar matematika mencapai 74,06% berada pada kategori sedang dan pada siklus II mencapai 85,31% berada pada katagori tinggi sehingga terjadi peningkatan persentase hasil belajar matematika mencapai 11,25%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajarn kooperatif tipe Group Investigation berbantuan media visual dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VB di SD Negeri 3 Banjar Jawa.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IVC SD NEGERI 3 BANJAR JAWA Khaerudin Khaerudin
Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru Vol. 1 No. 1 (2018): Mei 2018
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jippg.v1i1.14234

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk  meningkatkan hasil belajar matematika melalui penerapan model pembelajaran kooperatif group investigation berbantuan media audiovisual. Penelitian ini tergolong penelitian tindakan kelas. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi atau evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVC SD Negeri  3 Banjar Jawa yang terdiri dari 12 orang siswa laki-laki dan 20 orang siswa perempuan. Bentuk analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kuantitatif. Data hasil penelitian menunjukan pada siklus I data hasil belajar matematika mencapai 78,37% berada pada katagori cukup tinggi dan pada siklus II mencapai 88,78% berada pada katagori tinggi. Dengan demikian, peningkatan hasil belajar matematika mencapai 10,41%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif group investigation berbantuan media audiovisual dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas IVC SDN 3 Banjar Jawa Tahun Pelajaran 2017/ 2018.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN BANTUAN MEDIA KONKRET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS KELAS IVA SDN 1 BANJAR JAWA TAHUN PELAJARAN 2017/2018 Lalu Juniardiansah Amrullah
Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru Vol. 1 No. 1 (2018): Mei 2018
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jippg.v1i1.14244

Abstract

Pembelajaran dengan metode yang berpusat pada guru dan tidak adanya media atau alat peraga dalam pembelajaran IPA akan membuat motivasi belajar siswa rendah yang berpengaruh terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa yang tidak sesuai dengan harapan. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SDN 1 Banjar Jawa, masalah yang ada adalah hasil belajar siswa pada muatan pelajaran IPA yang masih rendah. Tindakan yang dilakukan peneliti untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah penerapan model pembelajaran berbasis masalah dengan bantuan media konkreet untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IVA SDN 1 Banjar Jawa dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IVA SDN 1 Banjar Jawa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus.  Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan observasi. Instrumen pengumpulan data berupa soal tes berbentuk pilihan ganda dan isian, dan lembar observasi berbentuk lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan terjadi peningkatan, dimana pada siklus I aktivitas guru berkategori sangat baik dengan skor 26, aktivitas siswa berkategori aktif dengan skor 30 dan ketuntasan klasikal 90,48% dengan KKM 70, pada siklus II aktivitas guru berkategori sangat baik dengan skor 27, aktivitas siswa berkategori sangat aktif dengan skor 33 dan ketuntasan kalasikal 95,24% dengan KKM 70. Hasil tersebut menunjukkan aktivitas guru dan siswa serta hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IVA SDN 1 Banjar Jawa sudah meningkat. Kata Kunci: Pembelajaran Berbasis Masalah, Media Konkret, Hasil Belajar IPA.
PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA KONKRET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IVB SD NEGERI 4 KAMPUNG BARU KECAMATAN BULELENG TAHUN PELAJARAN 2017/2018 I Wayan Agus Karmajaya
Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru Vol. 1 No. 1 (2018): Mei 2018
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jippg.v1i1.14246

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika  dengan menerapkan model Problem Based Learning berbantuan media konkret pada siswa kelas IVB di SD Negeri 4 Kampung Baru tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus dengan alur penyusunan yakni perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, dan refleksi. Pelaksanaan tindakan tiap siklus adalah dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVB tahun pelajaran 2017/2018 di SD Negeri 4 Kampung Baru, yang berjumlah 22 orang. Objek penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar Matematika. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode tes. Instrumen yang digunakan adalah lembar evaluasi. Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  terjadi  peningkatan  persentase  hasil belajar pada siswa kelas IVB di SD Negeri 4 Kampung Baru. Berdasarkan tes hasil belajar, pada siklus I rata-rata hasil belajar Matematika  diperoleh sebesar 65,27.  Selanjutnya, pada siklus II rata-rata hasil belajar Matematika  diperoleh sebesar 74,54. Pada ketuntasan belajar siswa secara klasikal pun terjadi peningkatan, terlihat dari perhitungan ketuntasan belajar klasikal siklus 1 yakni 68,18%, atau berkategori cukup dan siklus II 81,81 berkategori baik. Hal ini menunjukan baik dari rata-rata kelas maupun ktuntasan belajar klasikal siswa telah mencapai kriteria yang ditetapkan yaitu mencapai KKM 70 untuk rata-rata kelas dan presentase 80% atau berkategori baik untuk ketutasan belajar klasikal. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahawa hasil pembelajaran Matematika dengan menerapkan model Problem Based Learning berbantuan media konkret pada siswa kelas IVB SD Negeri 4 Kampung Baru Meningkat. Kata kunci: Model Problem Based Learning, Hasil Belajar Matematika. This study aims to improve the learning outcomes of Mathematics by applying a model of Problem Based Learning concrete media assisted in grade IVB students at SD Negeri 4 Kampung Baru in the academic year 2017/2018. This type of research is a classroom action research (PTK). This classroom action research consists of 2 cycles with a drafting path that is action planning, action execution, and reflection. The implementation of the action of each cycle is two meetings. The subjects of this study were the students of grade IVB in the academic year 2017/2018 at SD Negeri 4 Kampung Baru, which amounted to 22 people. The object of this research is the improvement of mathematics learning outcomes. Data collection in this research is done by test method. The instrument used is an evaluation sheet. The results showed that there is an increase in the percentage of learning outcomes in grade IVB students at SD Negeri 4 Kampung Baru. Based on the test of learning outcomes, in cycle I the average learning outcomes obtained by Mathematics 65.27. Furthermore, in cycle II the average of mathematics learning result obtained equal to 74,54. In the students' learning mastery classically also increased, seen from the calculation of classical learning completeness cycle 1 of 68.18%, or sufficient categorized and cycle II 81.81 categorized well. This shows both the average class and learning ktuntasan klasikal students have reached the established criteria of achieving KKM 70 for the average class and 80% percentage or categorized well for the classical learning ketutasan. Based on the above, it can be concluded that the learning result of Mathematics by applying the model of Problem Based Learning using concrete media in grade IVB students of SD Negeri 4 Kampung Baru Meningkat. Keywords: Problem Based Learning, Mathematics Learning Outcomes.
PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN TUTOR SEBAYA BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS IVA I Putu Adhi Wibawa
Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru Vol. 1 No. 1 (2018): Mei 2018
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jippg.v1i1.14256

Abstract

AbstrakPenelitian ini dilatarbelakangi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas IVA SD Laboratorium Undiksha, Singaraja. Semua siswa kelas IVA sudah memiliki nilai diatas KKM namun nilai siswa kelas IVA masih berada pada kreteria sedang pada Penilaian Acuan Patokan (PAP). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas IVA SD Laboratorium Undiksha dengan penerapan pembelajaran kontekstual. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi untuk setiap siklus dan penelitian ini diselesaikan dalam dua siklus. Pengumpulan data hasil belajar PKn dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode tes berbentuk pilihan ganda.Selanjutnya data tersebut dianalisis dengan teknik deskriptif-kualitatif dan deskriptif-kuantitatif.Data hasil penelitian menunjukan pada siklus I data nilai rata-rata hasil belajar PKn 72,26 dengan ketuntasan klasikal 26,3% siswa berada pada kategori tinggi dan pada siklus II 83,5 dengan ketuntasan klasikal 81,5% siswa berada kategori tinggi. Dengan demikian, peningkatan hasil belajar PKn sebesar 11,24. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kontekstual dengan tutor sebayaberbantuan media audio-visual dapat meningkatkan hasil belajar PKn pada siswa kelas IVA tahun ajaran 2017/2018 di SD Laboratorium Undiksha.Kata kunci: Pembelajaran Kontekstual, Hasil Belajar PKnAbstractThis study was made to improve the quality of learning in IVA class Laboratorium School Undiksha, Singaraja. All of the students already reach the minimum score but they are only stay on average criteria. The purpose of this study is to improve result in learning Civic on IVA cstudents of Laboratorium School Undiksha through contextual learning application. This study is classroom action research (PTK) which have four phases: planning, implementation, observation, and reflection in every cycle and finished in only two cycles. Data collected by using multiple choice test. The data analyzed by descriptive-qualitative and descriptive quantitative techniques.The data of this study showed that in first cycle, student’s average score of civic was only 72,26 with classical completeness 26,3% students already reach the high category. In the second cycle, average score of civic was 83,5 with classical completeness 81,5% students already reach the high category. So that there is improvement of result in learning by 11,24. Result of this study shows that application of contextual learning with peer tutor assisted by audiovisual media can improve result in learning civic of IVA class students in Laboratorium School Undiksha in academic year 2017/2018. Keywords: contextual learning, result in learning Civic
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERMEDIAKAN BENDA KONKRET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IVB SD LABORATORIUM UNDIKSHA TAHUN 2017/2018 Fahri Diyanzah
Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru Vol. 1 No. 1 (2018): Mei 2018
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jippg.v1i1.14258

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum terpenuhinya harapan ketuntasan hasil belajar matematika siswa kelas IVB SD Lab Undiksha, Singaraja. Siswa mengalami kesulitan saat berkonsentrasi dan tentunya mengalami kesulitan dalam belajar matematika yang akhirnya mempengaruhi hasil belajar mereka. Rumusan masalah yang peneliti tetapkan adalah apakah model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IVB SD Laboratorium Undiksha Tahun Ajaran 2017/2018. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IVB SD Lab Undiksha dengan penerapan model pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi untuk setiap siklus dan penelitian ini diselesaikan dalam dua siklus dimana satu siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Model pembelajaran berbasis masalah adalah model pembelajaran yang menyajikan masalah kepada siswa untuk diselesaiakan dimana dalam menyelesaikan masalah ini siswa dituntut untuk berpikir kritis yang akhirnya siswa memperoleh pengetahuan secara mandiri. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi untuk melihat aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran, dan lembar observasi untuk melihat hasil belajar matematika siswa. Dari penelitian ini didapatkan hasil berupa aktivitas guru berkategori baik dan aktivitas siswa berkategori aktif. Hasil belajar pada siklus I didapatkan ketuntasan klasikal sebesar 80% dan belum memenuhi indikator keberhasilan. Hasil belajar pada siklus II didapatkan ketuntasan klasikal sebesar 94% dan telah mencapai indikator keberhasilan.

Page 1 of 2 | Total Record : 12